Pendidikan dan Pengajaran
Pengertian Pendidikan
Menurut UUSPN No. 20 tahun 2003 “Pendidikan adalah usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar
peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki
kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya,
masyarakat, bangsa dan negara.
Sedangkan menurut John Dewey (segala, 2006:3), Pendidikan merupakan
proses pembentukan kemampuan dasar yang fundamental, baik menyangkut
daya intelektual maupun daya emosional yang diarahkan kepada tabiat
manusia dan kepada sesamanya.
Merujuk pada kedua pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa
Pendidikan merupakan suatu proses perubahan tingkah laku peserta didik
dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak terampil menjadi terampil dan
sebagai anggota masyarakat dalam lingkungan peserta didik itu berada.
Selain itu pendidikan juga mencakup pengembangan intelektualitas, proses
pembinaan kepribadian anak didik secara menyeluruh sehingga anak
menjadi lebih dewasa.
Menurut Tirtaharaja (2005:51), unsur-unsur pendidikan dibagi menjadi:
1. Subjek yang dibimbing (peserta didik)
2. Orang yang membimbing (pendidik)
3. Interaksi antara peserta didik dengan pendidik (interaksi edukatif)
4. Ke arah mana bimbingan tujukan (tujuan pendidikan)
5. Pengaruh yang diberikan dalam bimbingan (materi bimbingan)
Pengertian Pengajaran
Menurut Jones A. Majid, (205:16), “Pengajaran adalah suatu cara
bagaimana mempersiapkan pengalaman belajar bagi peserta didik’. Dengan
kata lain pengajaran adalah suatu proses yang dilakukan oleh para guru
dalam membimbing, membantu, dan mengarahkan peserta didik untuk memiliki
pengalaman belajar.
Hubungan Pendidikan dengan Pengajaran
Tujuan yang ingin dicapai melalui proses pendidikan adalah
menghasilkan siswa yang mengerti, memahami dan mampu
mengimplementasikan dirinya di masa yang akan datang.
Hal ini dapat terwujud jika dilakukan melalui proses pengajaran dengan strategi pelaksanaan melalui:
(1). Bimbingan yaitu pemberian bantuan arahan motivasi nasihat dan
penyuluhan agar siswa mampu mengatasi, memecahkan dan menanggulangi
masalahnya sendiri.
(2). Pengajaran yaitu bentuk kegiatan dimana terjalin hubungan
interaksi dalam proses belajar dan mengajar antara tenaga kependidikan
dan peserta didik
(3). Pelatihan yaitu sama dengan pengajaran khususnya untuk mengembangkan keterampilan tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar